7 Ide dan Cara Membuat Desain Rooftop yang Estetik ( Beserta Contoh)

Share this…

Bagaimana cara membuat rooftop menjadi menarik? Sebuah rumah yang memiliki area rooftop, jika dimanfaatkan dengan baik, bisa menjadi area tambahan yang semakin membuat penghinunya betah dan bahagia tinggal didalamnya. Untuk itu Desain rooftop yang menarik, estetik dan fungsional perlu dilakukan agar dapat mengakomodasi keperluan seluruh penghuni rumah. 

Berikut adalah 7 ide dan car membuat rooftop minimalis dan estetik, beserta desain rooftop yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

PHOTO: PAUL COSTELLO – https://www.bhg.com/home-improvement/porch/outdoor-rooms/colorful-backyard-decorating-ideas/

1. Jadikan Rooftop kamu sebuah ruang tamu outdoor

Meskipun tidak semua dekorasi ruang tamu itu bisa diaplikasikan ke outdoor. Pemilihan furniture khusus outdoor, karpet, tanaman dalam pot, atap untuk berteduh dan permainan cahaya, akan dapat membuat konsep ini lebih menarik

https://pin.it/6Px7bXt

2. Ciptakan tembok hijau

Untuk menciptakan kesan rooftop kamu adalah sebuah taman yang tersembunyi. Buat sebuah pagar hidup dari tanaman merambat, pagar kayu, sedikit tanaman semak juga bisa sedikit menghalangi pandangan bangunan sekitar. Berikan sebagian area rooftop naungan dari atap yang teduh, semakin membuat rooftop kamu berkesan ‘secluded’ dan ‘privasi’

https://pin.it/15tdHiX

3. Tambahkan kelembutan

Rooftop yang nyaman, setelah memiliki karpet dan furniture outdoor, tentunya bisa ditambahkan bantal dan bean-bag yang weather-proof anti air. Sehingga keluarga dan teman bisa bersantai di area rooftop yang teduh.

https://pin.it/22oEDJC

4. Buat lekukan dinamis

Bangunan-bangunan yang kaku, tembok yang bergaris, bisa di samarkan dengan bangku taman yang berlekuk, tanaman yang meliuk dan kucuran air yang dinamis. 

Dibuat oleh Dall-E

5. Buat ruangan sesuai prioritas, untuk tema rooftop

Apa tujuan awal kamu membuat rooftop? Tempat untuk bersantai menikmati ketenangan? atau tempat bermain bercengkrama bersama teman dan keluarga? Apapun tujuan rooftop kamu, pastikan designnya sesuai dengan ide awalnya. 

Misalnya: Jika rooftop untuk bersantai, karpet dan beanbag wajib ada di rooftop. Kolam ikan kecil untuk menjernihkan pikiran, Mini kitchen jika kamu berencana untuk berpesta di rooftop.

https://pin.it/4vS0iAa

6. Bawa sedikit alam ke rooftop

Dengan tumbuhan sebagai pagar hijau yang mengistirahatkan mata. Burung-burung kecil, kupu-kupu dan juga hewan kecil lainnya akan ikut meramaikan rooftop kamu. Sediakan bird feeder untuk memancing burung-burung kecil. Tanaman yang berbunga juga akan mendatangkan kupu-kupu

https://pin.it/2Sd7mtf

7. Jangan lupakan malam hari

Perpanjang waktu anda menikmati rooftop rumah hingga malam hari. Untuk itu, perencanaan pencahayaaan yang menarik berperan penting. Pantulan dan sorotan cahaya yang hangat dan berpadu baik dengan elemen-elemen rooftop bisa membuat kamu semakin betah berleha-leha di rooftop.

https://pin.it/7iejZk2

Nah, bagi kita di negara beriklim tropis. Memiliki rooftop sebaiknya memiliki atap peneduh, agar keluarga dan teman-teman bisa bercengkrama dengan nyaman dan adem. Atap uPVC Mattaka menjadi alternatif yang baik juga sebagai atap rooftop anda. Untuk spesifikasi dan harga atap uPVC Mattaka bisa kamu cek disini ya

Share this…