Jenis kanopi rumah minimalis, bahan, penggunaan dan pilihan desainnya, perlu tahu

Share this…

Panas dan air hujan bisa ditahan oleh kanopi, tapi tak hanya itu, kanopi juga dapat menambah nilai estetika untuk rumah anda. Dengan bermacam jenis dan tipe kanopi mungkin akan membuat smart buyer bingung untuk menentukan jenis kanopi rumah minimalis apa yang tepat, berikut adalah tips dan penjelasan mengenai kanopi rumah, tips pasang kanopi, jenis atap kanopi, bahan kanopi, dan harga kanopi terbaru.

Apa sih Kanopi itu?

Kanopi adalah struktur penutup atap yang biasanya dipasang di atas pintu masuk, jendela, atau area luar ruangan lainnya seperti halaman dan carport untuk melindungi dari sinar matahari, hujan, atau salju. Kanopi juga dapat menambah nilai estetika pada bangunan dan memberikan kenyamanan bagi penghuni. Terdapat beberapa jenis kanopi yang digunakan dalam arsitektur modern, dan alasan penggunaannya dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya.

Jenis Atap Kanopi Rumah

1. Kanopi rumah Kain / Membrane

Kanopi Membrane, meski tergolong mahal, namun kanopi membran ini tahan lama. Kanopi ini cukup kuat, tahan sinar matahari dan tidak mudah sobek. Secara estetika, kanopi membran lebih dinikmati karena bentuknya yang bisa mengikuti rangka besi sesuai desainnya.

2. Kanopi rumah Polycarbonate

Kanopi Polycarbonate biasanya menjadi alternatif untuk mereka yang ingin menggunakan kanopi kaca, mungkin dengan alasan biaya atau takut pecah jika menggunakan kanopi kaca, namun suka dengan sinar matahari yang tetap dapat masuk maksimal kedalam area yang tertutup kanopi. Perawatan rutin diperlukan untuk mencegah kanopi/atap Polycarbonate berjamur. Atap polycarbonate yang anti-UV bisa mencegah warna agar tidak mudah menguning akibat terekspos dalam waktu lama.

3. Kanopi rumah kaca

Kanopi kaca cocok untuk rumah bergaya industrial dan minimalis, karena tampilannya berpadu dengan design rumah sehingga terlihat elegan dan berkelas. Lakukan perawatan secara berkala jika anda menggunakan kanopi kaca, karena jika tidak, kanopi kaca mudah terlihat kusam karena debu, daun kering, dan kotoran lain yang menempel.

4. Kanopi rumah spandek / zincalume

Kanopi Spandek/Zincalume atau yang lebih dikenal dengan kanopi metal/seng, sesuai dengan namanya memiliki kandungan metal didalamnya, sehingga cenderung memantulkan panas untuk bagian di bawahnya. Gunakan alumunium foil untuk menyerap panas dari kanopi spandek, dan hati-hati untuk pemasangan kanopi spandek, karena cukup tipis sehingga mudah penyok. Kanopi spandek yang telah memiliki lapisan anti korosi, cocok untuk digunakan rumah sekitar daerah pantai. Kanopi spandek juga lebih ramah di kantong.

5. Kanopi rumah go green

Kanopi go green, adalah solusi untuk rumah yang didesain untuk ramah lingkungan, karena bahannya dapat di-daur ulang, bebas racun/toxic, sehingga aman untuk penghuni rumah. Kanopi go green cocok untuk semua konsep rumah.

6. Kanopi rumah awning/gulung

Kanopi awning gulung ini menarik secara estetika dan sangat fungsional. Bahan kanopi awning gulung terbuat dari membran / kain, rangka kanopi awning gulung yang bisa terlipat atau digulung inilan yang membuatnya menjadi menarik. Ada yang menggunakan mekanisme manual untuk membuka tutup kanopi awning gulung ini, atau cukup dengan menekan remote.

7. Kanopi rumah uPVC Mattaka

Kanopi rumah uPVC sesuai namanya, terbuat dari bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride (PVC), berkat design dan kelebihan dari bahan uPVC ini, kanopi rumah uPVC Mattaka menjadi lebih sejuk, mampu meredam panas dan kebisingan suara. Kanopi Mattaka juga anti jamur dan korosif. Design Kanopi uPVC Mattaka berpadu manis dengan design rumah minimalis.

Gimana, Smart buyer sudah lebih paham bahan dan jenis kanopi untuk macam-macam rumah kan, dengan informasi diatas, sesuaikan penggunaan kanopi dengan kebutuhan dan budget smart buyer tentunya. Silahkan cek disini untuk list harga produk atap uPVC terbaru dan simulasikan budgetnya.

Feature image from : https://archello.com/project/canopy-house-2

Share this…